Header Ads

7 RAHASIA CARA MENGAMANKAN WIFI



Wi-Fi adalah sebuah cara untuk berbagi Koneksi internet yang paling mudah dan praktis. Dengan Wi-Fi kita bisa berbagi Koneksi Internet tanpa menggunakan Kabel sehingga lebih praktis dan sangat mudah. Namun, dibalik kemudahan menggunakan WiFi ada banyak sekali ancaman yang dapat merugikan anda ketika anda berbagi koneksi internet menggunakan WiFi.
Ketika anda menyalakan Wi-Fi anda, misalnya anda adalah pemilik sebuah Kafe, Rumah Makan, Warnet, atau Pemilik Wifi Pribadi di Rumah. Anda dapat dirugikan oleh beberapa orang yang Iseng, atau yang memang sengaja ingin melakukan sesuatu pada WiFi anda yang akan merugikan anda sebagai pemilik WiFi tersebut.
Tentunya Hal ini menuntut anda sebagai pemilik WiFi untuk lebih mengamankan Wifi anda untuk mencegah orang yang akan melakukan sesuatu yang negatif terhadap WiFi anda. Pada artikel ini, saya akan berbagi 7 Cara Mengamankan WiFi anda dari serangan Hacker. Tips ini akan membantu anda untuk lebih memahami dan mengerti bagaiman acara mengamankan WiFi anda.

7 Cara Mengamankan WiFi anda dari Serangan Hacker

Tenang saja, cara mengamankan wifi tidaklah terlalu sulit. Anda cukup mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini :

1. Buka Halaman Pengaturan Router Wifi anda

Pertama yang harus anda ketahui adalah dengan membuka Halaman Pengaturan Router Wifi anda. Ini Adalah langkah pertama yang paling mudah. Untuk mengetahui alamat Router anda ( Default Gateway ), anda cukup membuka Comand Prompt dengan cara, 1. Tekan dan Tahan Tombol “Start” dan Secara bersamaan tekan tombol “R” pada keyboard >> Akan Muncul Jendela “Run” >> Pada jendela “Run”, ketikkan cmd lalu enter.
Langkah itu akan membuka jendela Command Prompt, pada jendela Command Prompt ketikkan ipconfig setelah itu akan muncul detail konfigurasi koneksi Wifi anda. Catat IP dari default Gateway yang muncul disitu.
Akses Halaman Setting Router Wifi anda dengan cara 1. Buka Browser anda >> Lalu Kunjungi Alamat Default Gateway yang sudah kita dapatkan lewat ipconfig tadi. Misalnya “192.168.1.1”. Biasanya akan muncul Halaman Admin untuk mengelola Koneksi Wifi tersebut. Jika mendapatkan masalah menemukan Halaman Setting Router Wifi anda, anda bisa mencarinya di Google berdasarkan Versi Router anda.

Setelah anda dapat mengakses Halaman Admin Router Wifi anda, anda dapat login dengan Default password | user :”admin” dan password:”admin”.

2. Buatlah Password yang Kuat / Unik Untuk Halaman Admin Router Anda

Pengalaman yang saya dapatkan selama ini, jika anda menggunakan Wifi dari T*lkom S*eedy, biasanya petugasnya tidak akan mengganti password Halaman Admin Router anda, inilah yang membuat saya sedikit prihatin dengan kepedulian mereka terhadap keamanan cyber. Default Passwordnya tidak mereka ganti atau menghimbau kita untuk menggantinya sendiri sehingga akan tetap menjadi user : “admin” dan password : “admin”.
Untuk itu, anda perlu Login ke Halaman Admin Router anda dan menggantinya sendiri agar orang lain tidak bisa mengaksesnya dan mengubah pengaturan yang ada di dalamnya.

3. Ubah SSID Wifi Anda

SSID adalah “Nama Wifi Anda”, untuk mengamankan pengguna Wifi anda, anda perlu mengubah SSID ( Nama Wifi Anda ). Agar mereka tidak salah konek ke Wifi lain yang bisa membuat mereka terjebak terhubung ke Wifi yang sengaja dibuat oleh Hacker untuk melakukan Aktivitas Mereka.
Anda dapat mengubah Nama Wifi Anda pada Halaman Admin Router Wifi anda tadi.

4. Aktifkan Enkripsi Jaringan Wifi anda


Untuk mencegah orang lain di luar izin anda menggunakan Wifi anda, anda tentu harus mengaktifkan Enkripsi pada jaringan Wifi anda.
Ada beberapa Enkripsi yang ada seperti WEP ( Saya tidak sarankan karena dapat dengan mudah di Hack ) saya sarankan anda untuk menggunakan Enkripsi WPA atau WPA2, untuk mengamankan wifi anda lebih kuat lagi.
Untuk mengaktifkan Enkripsi Jaringan Wifi anda, anda bisa mengaturnya di Halaman Admin Router Wifi anda seperti pada langkah sebelumnya. Jangan lupa gunakan Kombinasi Huruf dan Angka atau bila perlu Simbol sebagai Password Enkripsi Wifi anda.

5. Filter MAC Address pada Jaringan WiFi anda

Setiap perangkat komputer memiliki MAC Address, terkadang kita menggunakan MAC Address sebagai tanda pengenal untuk sebuah perangkat mendapatkan Akses Internet pada sebuah jaringan Wifi.
Seorang Hacker dapat mengganti MAC Address mereka untuk mendapatkan Akses Internet Gratis. Tetapi sebelum mengganti MACnya seorang Hacker haruslah mengetahui MAC Address perangkat lain yang sudah mendapatkan izin akses Internet pada jaringan Wifi Tersebut.
Untuk mengamankan Jaringan Wifi Anda, anda dapat melakukan scanning pada Jaringan Wifi anda, anda dapat menggunakan Advanced IP ScannerJika anda menemukan ada MAC Address yang sama, anda perlu mencurigai bahwa ada Hacker yang mencoba mengganti MAC Addressnya untuk mendapatkan Internet Gratis.
Lakukan Filtering MAC Address, anda dapat melakukannya pada Pengaturan Halaman Admin Router Wifi anda dengan cara memasukkan MAC Address Hacker tersebut ke Blacklist untuk memblokirnya secara langsung.

6. Kurangi “Range / Jangkauan” Sinyal Wifi Anda

Jika Router Wifi anda memiliki kemampuan memancarkan sinyal dengan Kuat dan sinyal tersebut melebihi luas rumah anda, maka sepertinya anda perlu mengurangi Range sinyal Wifi Anda. Anda dapat mengaturnya juga di Halaman Admin Router Wifi anda dan mengubah mode Wifi anda menjadi 802.11n atau 802.11b.
Anda juga dapat mengurangi jangkauan sinyal wifi anda dengan meletakkannya dibawah Tempat Tidur, atau dalam sebuah kotak yang dapat mengurangi kekuatan sinyal wifi anda.

7. Upgrade FirmWare Router Wifi Anda

Selalu update Versi FirmWare Router Wifi anda, agar setiap Bug terbaru yang membuat Router Wifi anda lemah dapat segera diperbaiki sehingga Router anda tidak dapat di Retas dengan memanfaatkan setiap exploit yang ada.
sumber : ngulikteknologi.blogspot.co.id

No comments

www.updategeh.com. Powered by Blogger.