Header Ads

BENCANA KELAPARAN DI EROPA Khilafah Utsmani Selamatkan Irlandia Tahun 1847


Khalifah Abdul Majid Khan



Peristiwa tragis kelaparan Irlandia atau Great Hunger  hampir semua orang mengetahui kejadian itu. Tetapi kebanyakan orang di Eropa tidak begitu mengetahui siapa saja yang telah berkontribusi membantu Negara Irlandia khususnya

Berkat buku yang ditulis oleh oleh profesor Universitas Quinnipiac Christine Kinealy, direktur Irlandia besar Hunger Institute, berjudul "Charity dan Great Hunger in Ireland" kita akan mendapatkan wawasan menakjubkan tentang siapa saja yang telah memberi bantuan tanpa pamrih untuk Irlandia disaat negara itu dilanda bencana kelaparan.Di dalam buku tersebut, Khalifah Abdul Majid menjadi salah satu tokoh yang disebut di buku ini.

Ini sebuah fakta yang jarang diketahui orang , yaitu sebuah tragedi Kelaparan Besar melanda Eropa pada tahun 1847 yang menewaskan hampir 1 juta orang.

Kejadian itu menggugah kemurahan hati penguasa Khilafah Utsmani  Sultan Khalifah Abdul-Majid yang  mengirim £ 10.000 sterling kepada para petani Irlandia.

Pada waktu itu Ratu Victoria meminta Sultan mengirim hanya £ 1.000 sterling, karena dia telah mengirim hanya £ 2.000 sterling dirinya. Sultan mengirim £ 1.000 sterling tetapi tanpa sepengetahuan Ratu, diam-diam Khalifah mengirim 3 kapal penuh makanan.


Pemerintah Inggris berusaha untuk memblokir kapal itu, tapi makanan tiba diam-diam di pelabuhan Drogheda, Irlandia.

Meskipun ada yang mengklaim bahwa ini tidak benar, tetapi bukti salinan surat itu dipamerkan di kantor Komisi Eropa di Dawson Street Dublin hingga 4 Juni, yang juga ditandatangani oleh bangsawan Irlandia Anglo waktu, berterima kasih kepada Khalifah atas sumbangannya pada tahun 1847 .

Duta besar Turki untuk Irlandia, Altay Cenziger mengatakan, "Ini adalah bukti bahwa orang-orang Turki membantu Irlandia selama tragedi Kelaparan. Uang yang dikirim ke Irlandia cukup untuk mengirim 250 orang ke Amerika." Katanya.

Kota Irlandia Drogheda telah mengadopsi logo bulat sabit Khlilafah Utsmani seperti  lambang klub sepak bola dan klub golf sampai hari ini.

Mengingat kembali Kemurahan hati penguasa Muslim untuk bangsa Kristen pada waktu itu  adalah suatu hal yang penting, terutama ketika umat Islam yang saat ini menjadi target dari pelanggaran HAM dan diskriminasi.

Cerita tentang bagaimana khlifah Turki Utsmani yang menjadi satu-satunya negara yang datang untuk membantu Irlandia selama Kelaparan Besar mengilhami dibuatnya film baru, yaitu "Famine" -
Film ini dijadwalkan akan dirilis tahun ini ditulis dan disutradarai oleh Omer Sarikaya.

Sarikaya menghabiskan dua tahun meneliti cerita dan bertekad untuk membawanya ke layar lebar. Dia juga mengumumkan bahwa sebagian besar keuntungan dari film akan disumbangkan ke UNICEF. sumber World Bulletin


Logo Tim Sepak Bola Irlandia ada simbol bulan sabitnya
Logo Klub Golf Irlandia ada simbol bulan sabitnya

2 comments:

  1. Ini yg namanya rahmatan lil 'alamin yg mjd keselamatan n kesejahteraan bagi seluruh alam n umat manusia..

    ReplyDelete

www.updategeh.com. Powered by Blogger.