Inilah Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

Sala Satu Jenis Printer Laser sumber : katalog.id

Printer Inkjet vs Laser
Printer merupakan sebuah alat cetak elektronik yang bisa mencetak berbagai data baik dokumen maupun foto dari media komputer dan penyimpanan data lainnya. Sebelumnya  orang mengenal printer dengan jenis dan model yang terbatas namun seiring dengan berjalannya waktu model printer pun banyak berkembang menjadi berbagai macam pilihan, diantara banyak pilihan tersebut adalah printer inkjet dan printer laser. Kedua jenis printer ini memiliki perbedaan baik dari bentuk maupun fungsinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut ada baiknya kita menyimak beberapa poin perbedaan printer inkjet dan laser berikut ini :


Bahan baku tinta 
Printer Inkjet menggunakan tinta cair sebagai bahan baku cetakannya, tinta yang digunakan biasanya adalah tinta jenis dye serta tinta pigmen kedua jenis tinta ini juga memiliki karakteristik yang berbeda, yakni tinta dye memiliki hasil cetakan yang mendekati sempurna namun mudah luntur tidak tahan terhadap cuaca. 

Sedangkan tinta pigmen tidak mudah luntur dan cenderung tahan terhadap cuaca namun hasil cetakan kurang bagus. Jika Printer Injket menggunakan tinta cair sebagai bahan baku printernya, maka Printer Jenis Laser menggunakan tinta toner atau pun serbuk sebagai bahan baku tintanya. 

Kecepatan 
Kedua jenis printer ini memilikikecepatan yang berbeda, disebabkan cara kerja dan unsur pendukungnya. Printer Jenis Laser memiliki kecepatan mencetak lebih cepat dibandingkan dengan Jenis Printer Injket. Cara kerja yang mirip dengan fotocopy membuat Printer Jenis Laser lebih cepat dalam memproses cetakan, tidak hanya sekedar cepat hasil cetakannya pun cukup memuaskan dan lebih baik dibandingkan dengan Printer Injket yang masih menggunakan cara kerja konvensional. 

Harga 
Dengan segala kelebihan dan keunggulan Printer Laser ini membuat printer ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Jenis Printer Injket. Ini merupakan sebuah hal yang wajar karena Printer Laser memiliki alat dan komponen yang lebih canggih dibandingkan dengan Jenis Printer Injket.

Tetapi dengan adanya perbedaan  harga yang cukup mencolok, membuat Jenis Printer Injket lebih laku dan populer terutama untuk kalangan personal pribadi dibandingkan dengan Printer Laser yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan dan istitusi. 

Itulah diantara perbedaan printer inkjet dan laser, jika Anda menginginkan printer berkualitas tinggi dengan harga yang lebih besar, maka printer laser cocok untuk dijadikan pilihan.

Sementara jika Anda memiliki budget yang terbatas maka printer inkjet pun tidak kalah bagusnya untuk dijadikan pilihan.
deskripsi gambar

0 Response to "Inilah Perbedaan Printer Inkjet dan Laser"

Post a Comment

www.updategeh.com. Powered by Blogger.