CEPOT dan SEMAR "Manggung" di Google Doodle Hari Ini

Kang Sunandar Sunarya Manggung bersama Kang Aher, Gubernur Jawa Barat

Kalau kita membuka  Google hari ini, Sabtu (3/9/2016), Kita  akan menemukan dua tokoh wayang golek yaitu  Semar dan Cepot.

Semar merupakan tokoh yang berperut buncit, wajah putih, memakai sarung motif kotak-kotak dan memiliki kuncung. 

Sedangkan Cepot digambarkan sebagai tokoh berkulit merah.

Bukan tanpa alasan Google menayangkan kedua tokoh pewayangan itu. 

Ternyata Doodle Semar dan Cepot itu dipersembahkan untuk memperingati hari ulang tahun Kang Asep Sunandar Sunarya, seorang pria yang semasa hidupnya dikenal sebagai maestro wayang golek.

Kang Asep Sunandar Sunarya lahir di Kampung Jelekong, Baleendah, Bandung pada 3 September 1995.

Semasa hidupnya, Kang Asep Sunandar seringkali memakai Cepot sebagai tokoh dalam bermacam-macam lakon yang didalanginya. 

Cepot hadir sebagai tokoh yang memberikan hiburan sekaligus nasihat-nasihat.
Bisa dikatakan bahwa Asep Sunandar-lah yang membuat Cepot menjadi salah satu tokoh pewayangan yang banyak dikenal masyarakat.

Ternyata pada 1993, Kang Asep Sunandar juga pernah diminta untuk  menjadi dosen luar biasa di Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. 

Kang Asep Sunandar mengajar selama dua bulan  dan dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis.

Pada 1994, Kang Asep merintis pentas wayang golek di luar negeri. Negara-negara yang pernah dikunjungi nya antara lain Inggris, Belanda, Swiss, Perancis serta Belgia. 

Pada 1995, Kang Asep mendapatkan penghargaan berupa Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Soeharto.

Pada tanggal 31 Maret 2014, Kang Asep Sunarya meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit Al-Ihsan Bandung, ternyata Kang Asep memiliki riwayat penyakit jantung dan rencananya akan dibawa ke sebuah rumah sakit di Singapura untuk berobat. Namun takdir berkata lain.






"Euweuh.. Euweuh nu nyaho manusa mah soal jodo, pati, bagja katut cilaka. kitu deui jeung Uing, ah teu nyangka wé sagala rupana ogé, geus kieu wé kuduna, da mémang kieu gening kanyataanana. teu Dalang, teu Présidén, teu Hancip, teu Ulama teu saha, ari ceuk nu Maha Sutradara kudu A nya pasti kajadian A. Aaaaah tarima wé ku kasadaran da sagala gé teu hayang komo embung".
Salah Satu Nasehat Kang  Asep Sunarya dalam memaknai perjalanan hidupnya


deskripsi gambar

0 Response to "CEPOT dan SEMAR "Manggung" di Google Doodle Hari Ini"

Post a Comment

www.updategeh.com. Powered by Blogger.