Gubernur JABAR, Ahmad Heryawan MELEPAS LILI dan LALA di Patenggang

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) melepas sepasang surili, hewan primata yang dilindungi ke Cagar Alam Patenggang, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (7/8).
Hewan endemik Jawa Barat yang menjadi maskot PON XIX bernama Lili dan Lala ini dilepas Aher dengan menyeberangi Situ Patenggang menggunakan perahu.

Seperti diberitakan Elshinta, Aher mengatakan, The International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) memasukkan surili ke dalam kategori hewan terancam punah. Perdagangan surili maupun spesimennya dinyatakan ilegal dan melanggar hukum
.
Menurutnya, terdapat sekitar 275 ekor surili di Indonesia. Habitat hewan ini di antaranya di Gunung Gede Pangrango, Burangrang, Tampomas, dan kawasan cagar alam lainnya di Jawa Barat. Sedangkan di Cagar Alam Patenggang, terdapat sekitar 40 ekor surili.

Surili, lanjut Aher, menjadi maskot PON XIX setelah melewati seleksi, mengalahkan puluhan calon maskot lainnya.

Dengan dijadikan maskot PON, Gubernur berharap masyarakat dapat mengenal dan ikut melestarikan surili. Selama ini, populasi surili terancam oleh perburuan, perambahan hutan, dan alih fungsi lahan.

Perlu diketahui, surili merupakan hewan herbivora pemakan daun muda dan buah. Biji buah yang dimakan surili kemudian keluar bersama kotorannya sehingga menjadi benih pohon baru. Karenanya, menurut Gubernur, surili menjadi salah satu hewan yang ikut melestarikan hutan.
deskripsi gambar

0 Response to "Gubernur JABAR, Ahmad Heryawan MELEPAS LILI dan LALA di Patenggang"

Post a Comment

www.updategeh.com. Powered by Blogger.