KISAH PERSAHABATAN...Kakeknya Anies Baswedan dengan Bung Karno

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengaku dirinya memiliki kedekatan dengan keluarga Bung Karno.

“Keluarga kami dekat dengan keluarganya Bung Karno bukan baru-baru ini, tapi sudah tiga generasi. Kakek saya (Abdurrahman Baswedan) itu sahabat baiknya Bung Karno. Waktu kecil, Ibu Mega memanggil kakek saya itu, Om Baswedan,” kata Anies Baswedan

Bahkan, ungkap Anies, saat kecil ketika ngobrol dengan kakeknya, Mega digendong-gendong.

Pada Lebaran 2016 lalu, saat berkunjung ke rumah Megawati, Anies menyinggung soal sosok Bung Karno kepada Mega.

Dia mendapat cerita dari neneknya, bahwa Bung Karno memiliki ingatan yang luar biasa. Cerita itu pun dia konfirmasi ke Megawati.

“Ibu Mega bilang, ayahnya itu memiliki ingatan yang luar biasa,” tuturnya.

Lanjutnya bercerita, dari neneknya diketahui ketika berhalal bihalal dengan Bung Karno, kakeknya membawa seluruh anaknya. “Kakek saya anaknya banyak,” ujarnya berseloroh.

Nah, begitu satu pers satu anak Abdurrahman Baswedan bersalaman dengan Bung Karno bersalaman sambil menyebut namanya anak-anak sahabatnya itu. “Ibu Mega bilang itu kelebihan Bung Karno. Jadi, orangtua dan paman-paman kami dihafal oleh Bung Karno,” imbuhnya.

Kedekatan antara keluarga Baswedan dengan keluarga Bung Karno semakin kental ketika Ibukota RI dipindahkan dari Jakarta ke Yogyakarta di masa penjajahan Belanda.

“Dulu, kakek dan seluruh keluarga ikut pindah ke Yogya naik kereta dari Menteng (Jakarta) ke Yogya bersama-sama Bung Karno,” jelas Anies,

deskripsi gambar

0 Response to "KISAH PERSAHABATAN...Kakeknya Anies Baswedan dengan Bung Karno"

Post a Comment

www.updategeh.com. Powered by Blogger.