Header Ads

[ DP Rumah Rp 0...Mungkin Kah ? ] Pengamat Perumahan : Mungkin dan Bukan Hal Baru

Salah satu janji Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Putaran 2 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yaitu memberikan kemudahan bagi warga Jakarta dalam hal kepemilikan rumah dengan menggulirkan program Down Payment Rp 0 .

Banyak pihak yang menilai bahwa Down Payment (DP) Rp 0 tidak dapat dilakukan,Namun beda halnya dengan Pengamat Perumahan dan Pemukiman Ilham M. Wijaya menilai DP Rp 0 tidak mustahil dilakukan. Bahkan menurutnya, DP Rp 0 bukan merupakan sesuatu yang baru. Pasalnya, di tingkat pengembang, hal itu sudah banyak dilakukan.

"Prinsipnya sama. DP Rp 0 untuk rumah,” ucap llham pada diskusi bertajuk DP Nol, Mungkin Nggak Sih? di Posko "B3rsatu", Jakarta, Jumat, (10/3/2017).

Dia menjelaskan apabila Pemerintah yang menjalan program itu sebagai pihak pelaksana, justru itu sangat bisa dilakukan. Dijelaskannya, hal itu dilakukan dengan sebuah sistem. "Sistemnya adalah, ada tabungan atau perilaku menabung konsisten yang dijadikan prasyarat kelayakan menerima fasilitas kredit," jelasnya.

“Nah gubernur bisa mengusulkan itu. Karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga memiliki skema pembiayaan berbasis tabungan atau BP2BT. Yang prinsipnya sama dengan DP Rp0 dan itu berjalan,” tambahnya.

No comments

www.updategeh.com. Powered by Blogger.