Header Ads

Kerrreeen ... Gubernur SUMBAR Asal PKS Ini TRABAS daerah TERISOLIR dengan MOTOR TRAIL

Gubernur Tembus Tiga Nagari Terisolir
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan Tim Trabas Sumbar 1 melakukan kunjungan kerja ke lokasi pascabencana di Nagari Durian Tinggi, Galugur dan Tanjung Jajaran Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (15/3).

Untuk menembus lokasi, Tim Trabas Sumbar 1 menempuh jarak 38 km, melewati medan yang terjal berlumpur dan bebatuan. Keputusan Irwan Prayitno menggunakan motor trailnya, karena lokasi tersebut sulit dicapai jika menggunakan kendaraan roda empat.

Gubernur mengatakan, ke depan pemerintah akan melakukan pembangunan peningkatan jalan ketiga nagari tersebut secara bertahap, sesuai kondisi anggaran APBD Provinsi Sumbar, mengingat jalan tersebut merupakan jalan provinsi.

“Sementara untuk normalisasi sungai telah kita laporkan dan usulkan kepada Balai Sungai, terkait pembangunan normalisasi tersebut agar dapat segera terlaksana, sehingga dapat mengantisipasi bencana yang sama di masa mendatang,” ujar Irwan Prayitno di kesempatan itu.

Anggota DPR-RI Periode 1999–2004 dan 2009-2014 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) itu juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan di sekitar, agar hutan terjaga, serta juga memperhatikan bukit-bukit hulu sungai, sehingga air bah ataupun risiko bencana lainnya dapat dikurangi. “Jika terjadi penebangan pohon di hutan agar pihak kepolisian dapat bertindak secepatnya, karena ini melanggar undang-undang dan harus segera dicegah,” ucapnya.

Sepanjang perjalanan yang ditempuh bersama Tim Trabas Sumbar 1, katanya, ada satu spot yang hutannya terbakar dan bekas aktifitas penebangan kayu. Irwan menegaskan, hal yang demikian perlu segera diatasi, dan diharapkan kepada dinas terkait untuk melakukan pemantauan secara rutin.

Pada kesempatan meninjau lokasi pascabencana tersebut, gubernur menyerahkan bantuan, yang terdiri dari 500 paket sembako dan selimut, 150 paket pakaian sekolah, serta juga bantuan dari BNI 46 berupa tiga unit perahu karet. “Kunjungan kali ini merupakan langkah melihat dari dekat kondisi Nagari Durian Tinggi, Galugur dan Tanjung Jajaran lebih dekat dimana ketiga daerah ini merupakan daerah terisolir di Kecamatan Kapur IX. Ketiga daerah ini amat berdekatan dengan kabupaten tetangga Provinsi Riau, dan Kabupaten Pasaman,” jelasnya.

Selain itu, anggota Dewan Syuro PKS itu berkesempatan juga singgah di SD 04 Pangkalan Koto Baru. Pada kesempatan itu gubernur ikut membersihkan dan mengeringkan buku sekolah tersebut yang terendam banjir.

Aksi gubernur ini membuat sejumlah warga yang berada di lokasi merasa senang, karena gubernur telah ikut membantu membersihkan dan mengeringkan buku yang dijemur di halaman sekolah. Tidak hanya itu, dengan adanya kunjung gubernur ini, masyarakat pun merasa terobati dari rasa sedih atas musibah yang menimpa daerah mereka. sumber : WWW.PKS.ID

No comments

www.updategeh.com. Powered by Blogger.